. . .

Welcome to my little blog. I just want to share some notes. Notes about me, my blog, and all the things I loved. I loved Taiwanese drama, Chinese drama, and mandarin songs. If you already read my post, leave your COMMENT and VOTE please. I need your opinion to be better. (^.-)/
If you want to request some notes, you can send me email, or contact me in social network. I active in FB account Lintang Nolscore. I'm waiting for you! \(^.^)/ Oh ya, don't forget to inbox me! ^^

Thursday, 22 June 2017

Sweet Alibis : Manisnya Coklat yang Mematikan .

diresensi oleh notes_maker

Seorang polisi yang baik,
Tak perlu penghargaan untuk membuktikan dirinya – Sweet Alibis

Sweet Alibis (甜蜜殺機) a.k.a. Tian Mi Sha Ji adalah film komedi ringan yang dirilis tahun 2014 lalu. Yap! Sebenernya film ini udah lumayan lama, tapi aku baru nonton awal Juni ini. Hihihiii~ Film Sweet Alibis ini menggandeng dua tokoh utama yang udah terkenal banget. Siapa mereka? Ada Alec Su dan Ariel Lin. Pengyoumen pencinta mandarin pasti tahu mereka. Alec Su dari dulu sudah melanglang buana di dunia entertainment Tiongkok, Heavenly Sword and Dragon Sabre (2003) adalah salah satu drama yang sukses melambungkan namanya. Sedangkan Ariel Lin sukses dari drama Taiwan berjudul It’s Started with A Kiss, sebuah adaptasi manga Itazura na Kiss. ^^

STORY LINE (=^・^=)


Sweet Alibis menceritakan sepasang polisi kocak yang terlibat dalam misi penangkapan seorang bandar narkoba. Mereka adalah Wang Chiyi (Alec Su) dan Lin Yiping (Ariel Lin). Wang Chiyi adalah seorang polisi lulusan terbaik, namun dia selalu gugup jika berhadapan dengan situasi yang gawat. Maka dari itu, dalam setiap misi dia hanya dilibatkan sebagai pelengkap saja. Sedangkan Lin Yiping adalah seorang polisi amatir yang baru saja masuk dalam lingkup kepolisian. Walaupun masih amatir, Yiping memiliki kelebihan yang cukup hebat yaitu indra penciumannya yang tajam.

Di sebuah bioskop, para polisi sudah menyusun rencana sangat matang untuk menangkap buronan bandar narkoba bernama Snack (Matt Wu). Chiyi dan Yiping ditempatkan sebagai penjaga pintu keluar. Disaat polisi lain yang berada di dalam bioskop mencoba menangkap Snack, Chiyi dan Yiping bertemu dengan seorang Boss gangster yang lagi menagih utang kepada sepasang kekasih. Suasana berubah ribut ketika earphone polisi berbunyi, dan kapten polisi memberi tahu bahwa Snack berhasil lolos dari gedung bioskop dengan menembak seorang pria bernama Chenglong (Ken Lin) dan akan segera melewati pintu parkir. Karena kekonyolan Chiyi, Snack lolos dengan mudah. Ada momen kocak dimana Snack menabrak si Boss gangster yang terborgol. wkwkwk


Dengan kegagalan itu, semua personil kepolisian berkumpul di ruangan kapten. Mereka membicarakan sebuah misi rahasia. Misi mengawasi kinerja Yiping, yang ternyata adalah putri dari kepala kepolisian. Dan misi itu dilimpahkan kepada Chiyi ! Hahahaaa Perjalanan sepasang polisi ini pun dimulai dari investigasi “pembunuhan” seekor anjing yang mulutnya dipenuhi coklat. Coklat yang beracun? Memang seperti gak ada kerjaan banget yak menginvestigasi kematian seekor anjing bahkan sampai autopsi segala. Tapi ini adalah strategi Kapten dan Chiyi, agar kinerja Yiping tidak terlalu mencolok. (ᗒᗜᗕ)


Siapa sangka ternyata, dari hasil autopsi anjing tersebut ditemukan sidik jari Snack. Pencarian Snack pun kembali dimulai. Dari mulai investigasi CCTV bioskop, keliling Khaoshiung, sampai akhirnya mereka menemukan tempat persembunyian Snack. Dari balik pintu kediaman Snack, Yiping dengan penciumannya yang tajam mengetahui ada mayat di kamar itu. Ada mayat siapa di kamar Snack? Lalu bagaimana nasib Boss gangster yang ketabrak oleh Snack? Darimana coklat beracun itu berasal? Dan akankah ada benih cinta diantara Chiyi dan Yiping? Eeaaa langsung aja tonton Sweet Alibis !
Chiyi : Mengapa kamu ingin menjadi seorang polisi?
Yiping : Sama seperti orang lain, untuk memberikan keadilan.
Chiyi : Orang lain? Cuma kau saja, dari semua orang yang aku tahu adalah untuk mencari nafkah.
FIRST IMPRESSION (´⌣`ʃƪ)

Di minggu pertama kemunculan film ini (Januari 2014), Sweet Alibis mendongkrak banyak sekali penonton. Dalam hal ini Sweet Alibis bisa disandingkan dengan You Are The Apple of My Eye, dan Black and White. Bahkan dulu aku sempat baca berita Sweet Alibis salah satu tabloid di Indonesia lho. Makanya aku tertarik banget buat lihat, sayang banget di tahun itu aku belum dapat link unduhnya, di youtube pun gak ada. Hingga akhirnya akhir Mei kemarin aku menemukan linknya, yeeepy ~


Kesan pertama pas nonton Sweet Alibis itu kocak, pembuka film dibuat layaknya komik zaman dulu dengan dominan warna coklat dan hitam. Dari opening itu aku baru tahu ada Austin Lin juga lho (pemeran Xiao Bozhi di At Café 6). Yang pasti aku jadi nambah excited. Kemudian aku hampir gagal fokus gara-gara pose Alec Su yang mirip iklan deodoran. wkwkwk (ᗒᗜᗕ)

Aku pribadi sudah beberapa kali nonton film/drama tentang polisi atau investigasi gitu, tapi Sweet Alibis ini rasanya beda. Mungkin karena dasarnya ini film komedi, jadi penonton gak perlu banyak berasumsi dan mikir blablabla. Adegannya pun tidak begitu serius kayak film lain, discene paling serius pun ada aja tingkah kocak para pemainnya. Hahahaa Gak salah kalau film Alec Su, dkk ini dapat rating sebesar 6,2 via IMDb.

Awal alur cerita memang tentang penangkapan Snack, sang bandar narkoba. Tapi di pertengahan film alur cerita mulai beralih ketika ditemukan mayat di kediaman Snack. Semua karakter memiliki keterikatan yang kuat, dari Snack, Chenglong (korban sandera), Boss gangster, perempuan seksi pemilik anjing yang mati, bahkan keponakan Chiyi. Jadi semua karakter terekspos dengan baik. Keren !

CARACTERS <(^.~)/


Wang Chiyi (Alec Su) adalah seorang polisi yang naif, dia tinggal hanya berdua dengan keponakannya yang bernama Johnny (Austin Lin). Karena kesibukan Chiyi sebagai polisi, hubungannya dengan ponakannya tidak terlalu dekat. Salah satu penyesalan terbesar Chiyi adalah belum menikah ketika orang tuanya meninggal. Maka dari itu, dia mencoba mengikuti biro jodoh. wkwkwk Setelan baju yang agak amburegul dan muka Alec Su dengan jenggot tipisnya pas banget buat meranin Chiyi yang super duper konyol. Saat Alec Su menjalani kencan buta, pake kemeja formal, malah jadi kagak cocok. Haaaha

Lin Yiping (Ariel Lin), wanita simpel yang beranggapan bahwa perjodohan (kencan buta) adalah hal yang menjijikan. Mungkin karena itu, di usianya yang 30an Yiping masih belum mempunyai kekasih. (ᗒᗜᗕ)Dalam kinerjanya sebagai polisi, indra penciuman Yiping yang tajam adalah penyambung petunjuk-petunjuk dalam investigasi. Berbeda dengan Chiyi, Yiping masih memiliki orang tua yang lengkap. Bapaknya, sang kepala kepolisian memiliki penyakit magh akut yang membuat dia tidak boleh menahan ‘buang angin’. Hahahaaa
Aku sudah menjadi polisi seumur hidupku,
Aku sudah banyak memborgol orang, tapi hanya kamu satu-satunya yang pernah memborgolku – Head Police
Snack (Matt Wu), sang Bandar narkoba diceritakan memiliki kembaran yakni seorang aktor papan atas bernama Matt Wu. Dengan kata lain, Matt Wu di film Sweet Alibis ini bertindak sebagai Snack dan dirinya sendiri. Kepribadian Snack dan Matt Wu dibuat beda banget. Gaya dan mimik muka Snack dibuat selayaknya seorang buronan dengan muka super ngeselin. Sedangkan Matt Wu dibuat super duper kocak. Karakter yang aku suka selain Alec Su + Ariel Lin ya,, Matt Wu ini ! haahaa


Selain ketiga karakter utama diatas, ada beberapa karakter lain yang ditampilkan. Chenglong (Ken Lin) yang disandera oleh Snack ternyata adalah seorang guru kimia di sekolah Johnny. Dia sudah menganggap Johnny sebagai anaknya sendiri. Selain itu, ada Boss gangster berserta anak buahnya. Gangster yang ini tidak seperti sosok gangster di film lainnya. Ada kejutan yang bener-bener gak aku sangka tentang gangster ini. Sedikit bikin aku syok. Hehehe

FAVORITE MOMENT


Foto diatas adalah adegan paling aku suka dari sekian banyak adegan kocak di Sweet Alibis. Sumpah, ngakak gak abis-abis pas part ini. wkwkwk Dalam part ini, Matt Wu sedang membantu polisi dengan menyamar menjadi Snack. Matt Wu excited banget dalam aksi penyamaran ini, tapi akhirnya~ hahahaaa mending lihat sendiri. wkwkwk

NEGATIVE REVIEW

Untuk level film komedi, menurutku Sweet Alibis cukup menghibur. Namun, kekurangan dari film ini adalah spoiler ending yang sangat jelas dari awal film. Dari scene di bioskop, penonton sudah diberitahu siapa dalang dari perjalanan coklat yang mematikan. Mungkin pengyoumen yang fanatik sama genre misteri bakal kurang sreg sama film ini. Ditambah lagi dari link download yang aku temukan, kualitas videonya agak kecil. Jadi, tidak mendukung film Sweet Alibis yang full yellow effect.

CONCLUSION
 

Orang-orang yang paling aku kagumi adalah mereka yang menaruh cinta dan kesetiaan diatas segalanya – Sweet Alibis
Four Notes untuk Chiyi dan Yiping, yang saling melengkapi satu sama lain. Menontonnya adalah cara yang pas untuk sedikit menghilangkan rasa penat. Kerinduanku dengan suara Alec Su terbayarkan di film ini. Soalnya original soundtrack-nya dinyanyiin oleh Alec Su. Hihihii~ Yang mau download film ini, langsung aja klik _Sweet Alibis . Akhir kata, bye bye Pengyoumen~

        ^ - - - - - - - - - - ^



No comments:

Post a Comment

Hello, Pengyoumen~
I'd like to say thank you for visit my little blog, read my notes. Hope we can be friend although we aren't face to face. Please enjoy. If any question or comment you want me know, write here (^.^)/
Teman-teman sebangsa dan setanah air~
Kalau kalian ada pertanyaan yang masih terpendam dalam hati, tentang blog mini milikku atau ingin lebih tahu tentang dunia mandarin lovers. silahkan tulis disini. <(~,^)/
-
Don't forget to write your name,
Tinggalkan namamu, buat arsip. Hehehee~